Jakarta, 27 Februari 2022 – Telkom University mengadakan webinar yang bertajuk Webinar Trusty Telkom University 2022 dengan tema "Know Your Potencies and Conquer the Future". Webinar ini berlangsung secara daring lewat zoom meeting pada 27 Februari 2022.
Secara keseluruhan, Webinar Trusty Telkom University 2022 membahas tentang potensi dan peluang untuk memulai bisnis di usia muda yang di paparkan langsung oleh Dzaky Muhammad dan Naufal Muhammad segabai CEO dan Owner dari Burgerchill.
Kedua pembicara itu mengungkapkan dengan memanfaatkan potensi dan peluang yang ada bisa menjadi bisnis yang dapat melihat, dapat menangkap, dan dapat memanfaatkan peluang tersebut. Dalam suatu bisnis harus ada visi dan misi yang bertujuan memahami tujuan dan target yang ingin dicapai dalam berbisnis. Selain itu, ada pula strategi yang harus dibentuk untuk bisa bersaing dengan bisnis lainnya.
Dzaky dan Naufal menjelaskan tiga aspek penting dalam bisnis, yaitu sistem, produk, dan pelayanan. Sistem yang digunakan dalam bisnis harus mudah dan aman bagi konsumen. Aspek produk terbagi menjadi dua, yaitu modis dan serasi untuk produk fashion, serta enak dan sehat untuk produk makanan. Terakhir, aspek pelayanan dalam bisnis harus ramah dan nyaman agar konsumen atau pembeli senang dengan layanannya.
Selain aspek penting dalam bisnis, keduanya juga membagikan tips memulai bisnis di usia muda. Apa saja? Berikut ulasannya.
1. Mengoptimalkan potensi dan sumber daya yang dimiliki
Dalam berbisnis penting untuk mengoptimalkan potensi dan sumber daya, salah satunya dengan cara konsisten dalam berbisnis agar tidak ada perubahan yang berpengaruh pada kerugian atau kegagalan.
2. Membuat kemasan menarik
Suatu produk yang dihasilkan harus memerhatikan kemasannya. Perubahan bisa dari kemasannya biasa saja menjadi lebih baik, dan harus semakin ditingkatkan lagi agar calon konsumen akan tertarik membeli produknya.
3. Melakukan inovasi produk dan kemasan mengikuti target pasar
Setelah membuat kemasan menarik, perlu dilakukan juga untuk berinovasi pada produk dan kemasan. Itu bertujuan agar konsumen tidak merasa bosan dan terus menunjukkan perkembangan yang baik. Tentunya, harus tetap memerhatikan target pasar pada produknya.
4. Membuat rating yang baik
Untuk meraih rating yang baik kita harus mempromosikan produk tersebut dengan cara mengadakan diskon, foto produk yang terpercaya, dan menawarkannya ke teman terdekat. Dengan begitu, kemungkinan suatu bisnis akan mendapatkan respon positif dari konsumen.
5. Memanfaatkan media sosial
Pada zaman sekarang, teknologi semakin berkembang pesat, termasuk media sosial yang menjadi salah satu kegiatan masyarakat. Biasanya dalam berbisnis, media sosial digunakan sebagai ladang promosi yang menginspirasi, memotivasi, mengedukasi, dan menghibur pastinya.
Selain kelima tips tersebut, ada pula masalah dalam bisnis yang bisa menjadi peluang. Itu terjadi secara bertahap mulai dari masalah, lalu mencari potensi dan peluang, sampai menemukan solusi yang kemudian menjadi peluang dalam berbisnis kedapannya.
Pada akhir acara, CEO dan Owner Burgerchill ini memberikan closing statement atau kesimpulan pada webinar kali ini. Mereka berdua mengingatkan bahwa pada masa pandemi ini para pengusaha tidak semestinya menyerah, tetapi justru memanfaatkan dengan mencari inovasi baru yang menyesuaikan keadaan konsumen sekarang. Semua aspek dalam bisnis pun harus ditingkatkan agar tidak tertinggal dengan pebisnis lainnya.
– HAS
Komentar
Posting Komentar